Persiapkan Band Mu Menuju Gerbang Kesuksesan

Posted On // Leave a Comment

Bukan perkara gampang membangun sebuah band sekaligus membawanya menuju ke gerbang kesuksesan. Apalagi kalau band indie yang segalanya masih harus kita manage sendiri, belum punyaProduser bahkan Manager pun tiada. 

Tetapi tidak juga berarti itu tidak mungkin untuk dilakukan. Asal ada kemauan segalanya pasti dapat terwujud.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Industri musik dipenuhi dengan rumor, mitos, dan juga mis-informasi sehingga sulit untuk menggoreskan kesuksesan di atasnya. Itulah mengapa memahami bagaimana industri musik ini bekerja tentunya dapat menjadi aset yang sangat berharga. Dengan semangat terus ber-proses tentunya akan semakin mendekatkan anda untuk menjadi musisi profesional dan mendapatkan kontrak rekaman.

Berikut ini adalah standar dalam ruang lingkupindustri musik dan salah satu bagian dari proses yang akan membawa anda ke gerbang kesuksesan tersebut.

 

  * Pres KIT ato Promo Pack

  * Demo kaset atau CD yang berisi 3-5 lagu TERBAIKband anda.

  * Biografi Artis yang memuat informasi penting tentang artis, termasuk siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang sedang mereka kerjakan, dan sebagainya.

  * Daftar Lagu (Song List), yang berisi seluruh judul lagu yang dibawakan oleh sang artis, milik sendiri atau pun cover.

  * Lirik Lagu, yaitu materi lagu milik sang artis yang termuat dalam demo mereka.

  * Foto Galeri. Foto artis dan juga foto perform.

  * Write-ups, yaitu berbagai kisah menarik atau resensi yang ditulis media cetak tentang artis. Bisa juga mengenai liputan tentang mereka di Radio maupun Televisi.

 

  * Mailing List

Salah satu faktor dari kesuksesan anda adalah dengan membangun, memelihara, serta memaksimalkan pemanfaatan mailing list. Milis ini terdiri dari nama-nama dan kontak informasi para penggemar, kontak media, pelaku industri musik, dan siapa saja yang memiliki minat yang sama (bisnis dan sebaliknya) dengan anda.

 

  * Social Media (Jejaring Sosial)

Era kemudahan ber-Internet sangatlah membantu dalam hal mengenalkan  dan mengelola Fans Clubband anda. Tidak hanya sekedar murah, tetapi juga sangat-sangatlah memudahkan anda. Jauh berbeda ketika era tahun 90-an, dimana segalanya harus kita lakukan dengan langsung turun ke lapangan. Bahkan hanya untuk sekedar Say Hello kepada penggemar pun, anda musti datang ke kantong-kantong penggemar band anda. Nah, kini saat nya anda memanfaatkan kemudahan tersebut. Buatlah akun di jejaring sosial seperti, Facebook

, Twitter

 atau apapun sesuaikan dengan Band anda. Usahakan  yang paling mudah diakses oleh penggemar anda, ini dimaksudkan agar pesan anda sampai ke sasaran.

 

  * Media Massa (Publikasi)

Berbeda dengan jejaring sosial yang tujuannya untuk mengelola Fans Club, dalam pemanfaatan media disini guna mendukung kemajuan karier anda. Ini mencakup di antaranya Penerbitan-Penerbitan Industri Musik, Majalah, Surat Kabar, Radio, serta Televisi. Sebuah band ataupun Artis yang sangat berbakat dan secara berkesinambungan melakukan promosi, sangat mungkin akan mencuri perhatian dan mendapatkan kontrak rekaman.

Pernahkah anda mendengar orang berkata, “saya nggak pernah dengar tuh!” atau “saya nggak pernah melihat dan nggak pernah tahu band mereka“. Nah, anda musti melawan komentar tadi. Berusahalah untuk selalu tampil sebanyak mungkin di depan banyak orang. Penuhi keingintahuan industri dan khalayak luas dengan aksi band anda, dijamin band anda pun akan tampil dibanyak tempat.

Sebarkan Rilis Pers, Write-ups, dan Resensi. Kalau bisa, usahakan band anda tampil di Radio dan Televisi.

 

Oke, kini saatnya anda menyusun strategi di atas untuk band anda. Tambah kempuan anda dan gali terus informasi di sekitar. Jangan lelah belajar dan terus BERKARYA!


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 komentar:

Posting Komentar