Kesenian Sebagai Media Komunikasi

Posted On // Leave a Comment

Apapun disiplin seni yang kita geluti, semua pasti setuju, bahwa “Kesenian” juga merupakan alat komunikasi massa. Seperti kita tahu, dimana ada pertunjukan atau pagelaran seni, maka akan begitu banyak menyedot perhatian masyarakat. Baik itu masyarakat seni sendiri, maupun masyarakat luas pada umumnya. Disitulah kemudian menjadi sebuah media komunikasi masyarakat yang bisa mempertemukan antara personal dengan personal yang lain, antara satu orang dengan orang lain, bahkan kelompok masyarakat tertentu dengan masyarakat yang lain. Hal ini tentu saja dapat terciptanya interaksi sosial yang sehat, sehingga bisa menghindarkan konflik sosial yang tidak diinginkan.


Interaksi antar masyarakat ini bukanlah sekedar interaksi biasa, bukanlah pertemuan yang tanpa makna. Melainkan pertemuan atau interaksi dalam konteks masyarakat memiliki caranya sendiri yang lebih baik; mereka bisa saling bertutur sapa, membentuk forum-forum diskusi, mengisi kantung-kantung seni dan saling berupaya untuk menjadikan kehidupan mereka lebih baik dan bermutu.

Ketika komunikasi sosial bisa terjalin dengan sebaik-baiknya, maka kita semua bisa meyakinkan, bagaimana sebuah kehidupan bisa menjadi lebih harmonis, kehidupan bisa menjadi lebih baik terus menerus. Segala kemungkinan bisa terjadi dalam kehidupan. Bahkan kita bisa tahu, bagaimana cara yang terbaik agar bisa membuat kehidupan masyarakat lebih rukun dan damai. Cara hidup bertoleransi dengan siapapun yang ada dalam ruang lingkup masyarakat.

Ketika “Kesenian” dapat berfungsi dengan baik, berkomunikasi dengan tepat, tentu saja akan membangun kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan menarik.

Sebagai anak Nusantara yang kaya dengan Budaya, semoga kita semua bisa ikut melestarikannya…. Salam!


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 komentar:

Posting Komentar